Latihan Kepemimpinan Dasar Politeknik Katolik Mangunwijaya

LDK atau Latihan Kepemimpinan Dasar yang diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6 - 7 Oktober 2018 sekaligus acara SERTIJAB atau Serah Terima Jabatan yang dilakukan oleh anggota HIMA Politeknik Katolik Mangunwijaya (HIMAKES, HIMATEKKIM, HIMAFAR) periode 2018/2019 di Gua Maria Kerep Ambarawa.
 Pukul 11.00 berkumpul di kampus III prodi Analis Kesehatan yang beralamat di Jl. Mayjend Sutoyo No.69, Pekunden, Semarang Tengah lebih tepatnya semua berada di ruang kemahasiswaan atau senatorium HIMAKES.

Prodi Farmasi masih belum datang dikarenakan masih ada mata kuliah di hari sabtu dan truk yang akan digunakan untuk pergi ke Ambarawa datang terlambang dan ternyata selama perjalanan pun truk yang didalamnya berisi anggota HIMATEKKIM dan beberapa anggota HIMAFAR mengalami beberapa kali mogok di jalan tol.
 Setelahnya sampai di Gua Maria Kerep Ambarawa para peserta diberi pasak, tali, tenda, dan tongkat untuk membangun tenda di lahan bawah rumah kaca. Ada 5 tenda yang terpasang. Kemudian acara selanjutnya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok oleh panitia dan dilanjutkan dengan game "jelly fish". Setiap perewakilan kelompok secara bergantian harus mengambil jelly dan buah yang berada didalam ember berisi air lalu dipindahkan pada gelas kecil didepan barisan kelompok masing - masing sebanyak - banyaknya hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia.

Dilanjutkan dengan mandi dan ISHOMA setelah selesai semua peserta berkumpul di rumah kaca untuk pemaparan LPJ 3 prodi dan pemaparan proker himaprodi. selanjutnya adalah acara api unggun, Semua peserta wajib menampilkan 1 pentas seni secara bersamaan dan yang ditampilkan adalah menyanyikan Mars Politeknik Katolik Mangunwijaya. Berikutnya adalah setiap kelompok harus menyelesaikan 1 misi di pos pertama yang kemudian dilanjutkan dengan acara jerit malam yang sangat ditunggu - tunggu oleh para peserta. Acara ini dimulai pukul 22.00 - 23.30. Semua peserta wajib menutup mata menggunakan slayer dan baris. Setiap kelompok akan dituntun oleh seorang fasilitator. Di pos kedua 1 perwakilan kelompok harus mengambil 1 kertas yang berada di dalam tempat yang berisi sesuatu kemudian membacakan pertanyaan yang ada pada kertas tersebut dan setiap anggota dari kelompok harus menjawab agar dapat melanjutkan ke pos tiga.

Di pos tiga peserta kelompok diberi pilihan nomor dan hanya boleh memilih 1 nomor. Pada setiap nomornya terdapat sesuatu yang harus dimakan dan diminum oleh semua anggota kelompok secara adil dan tidak boleh dibuang, dikeluarkan ataupun dimuntahkan.

Pada pos 4 atau pos yang terakhir ini hampir sama dengan pos sebelum - sebelumnya yaitu 1 perwakilan kelompok boleh membuka slayer untuk memilih kertas yang berisikan nomor 1 - 6. Setiap nomornya ada hadiahnya atau minuman. Minuman tersebut ada yang tidak enak, sedikit enak, dan enak. Selesai acara jerit malam dilanjutkan dengan istirahat ditenda masing - masing.

Bangun pagi untuk sholat subuh bagi yang muslim dan dilanjutkan dengan masak. Setiap kelompok diberi bahan masak dan alat untuk memasak oleh panitia yang kemudian dinilaikan kepada panitia untuk diambil 1 pemenang. Lalu makan bersama dan selanjutnya adalah bersih - bersih diri atau mandi. Setelah itu adalah pemaparan materi oleh Wadir III Bidang Kemahasiswaan Lucia Hermawati Rahayu, S.Si., MT ("Mengatasi Masalah dalam Organisasi"). Selesai pemaparan masih ada Games 2 dihalaman rumah kaca. Selesai games semua peserta berkumpul kembali didalam rumah kaca dengan berpakaian atasan putih dan bawahan hitam untuk pemaparan proker HIMATEKKIM, pemaparan proker HIMAKES, dan pemaparan prokes HIMAFAR. Kemudian sebelum SERTIJAB diberi jeda untuk ISHOMA dan beres - beres tenda dan lain - lain. Lalu dilakukan sumpah dan SERTIJAB semua anggota. Terakhir pulang ke Semarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beautiful in White

analis kesehatan polteka mangunwijaya

Wisuda Perdana Polteka Mangunwijaya